Photo : Patung Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin Yang Misterius

DIGMEDIA.ID – Internasional | Patung pertama pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto yang merupakan nama samaran, diresmikan di Budapest, Hungaria, Kamis (16/09/2021). Meski identitas sang pencipta yang sangat legendaris tersebut masih menjadi misteri bagi dunia, namun sang legendaris tersebut telah memberikan kontribusi besar akan alternatif untuk melengkapi kebutuhan  transaksi keuangan di level global yang mendambakan kemudahan dan efisiensi.

Patung Satoshi Nakamoto tersebut telah dipajang di Graphishop Park, Budapest. Patung tersebut berbentuk manusia, yang mengenakan hoodie dengan logo Bitcoin (BTC) yang terukir pada bagian dada. Bentuk wajahnya dipahat dengan fitur samar untuk mewakili anonimitas Satoshi Nakamoto.

Pada acara peresmian patung tersebut, terlihat kerumunan orang - orang yang berada di sekitar patung untuk sekedar mengambil gambar atau video selama prosesi peresmian berlangsung.

Pada prosesi pembukaan terlihat kehadiran Andras Gyorfi, yang merupakan salah satu pendiri proyek "Patung Satoshi" dan editor situs berita kripto, Kripto Akademia, dan Debreczeni Barnabas, CEO bursa kripto Hungaria Shinrai.

Sebelum patung perunggu tersebut diresmikan, Andras Gyorfi mengatakan, "Siapa pun dia, Bitcoin menciptakan nilai, dan yang paling utama, teknologi di balik Bitcoin, dan Blockchain, menciptakan nilai."

Menurut sebuah laporan oleh Cointelegraph, Barnabas mengatakan, "Satoshi Nakamoto telah menciptakan uang independen yang bebas dari perantara yang memberdayakan orang-orang dengan kedaulatan finansial”.

“Kami mendirikan patung ini untuk mengingatkan diri kami bahwa keberanian adalah kebajikan. Kami harus terus bermimpi besar.” tambahnya

Proyek "Patung Satoshi" ini pertama kali diumumkan pada bulan Mei. Proyek tersebut didukung oleh Coin, Kripto Akademia, Asosiasi Blockchain Hongaria, dan Blockchain Budapest.

Gergely Reka dan Tamas Gilly yang merupakan pematung pada proyek pendirian “Patung Satoshi” tersebut, sengaja memberikan kilau seperti cermin pada bagian wajah patung tersebut.

Laporan menunjukkan bahwa patung itu akan ditempatkan di taman, yang berdekatan dengan patung - patung tokoh terkenal seperti pendiri Apple Steve Jobs.

Spekulasi tentang identitas dan penampilan Satoshi Nakamoto tetap menjadi teka-teki bagi banyak orang, tetapi anonimitas tidak akan menghilangkan ketenaran.

Editor  : Redaksi DIGMEDIA.ID